Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Qualcomm Bawa Teknologi Canggih dari Chip Laptop ke Ponsel untuk Dukung AI Generatif

Qualcomm mengumumkan bahwa mereka akan membawa teknologi canggih yang awalnya dikembangkan untuk chip laptop ke chip ponsel, dengan tujuan menjadikannya lebih kuat untuk mendukung tugas-tugas AI generatif.

Sebagai perusahaan pembuat chip ponsel terbesar di dunia yang berbasis di San Diego, Qualcomm berambisi memperluas bisnisnya. Pada tahun 2021, mereka merekrut sejumlah mantan insinyur Apple untuk merancang chip laptop, yang kini telah dijual dan membantu menjalankan fitur AI di produk Microsoft.

Kini, hasil kerja keras tim tersebut seperangkat teknologi komputasi canggih yang diberi nama "Oryon" oleh Qualcomm akan digunakan dalam chip ponsel perusahaan untuk pertama kalinya.

Chip baru, yang dinamai Snapdragon 8 Elite, juga telah dioptimalkan untuk menangani tugas-tugas kompleks seperti pembuatan gambar dan teks secara otomatis. Qualcomm juga berencana memberikan alat-alat khusus kepada pengembang perangkat lunak untuk memanfaatkan potensi chip ini secara maksimal, di luar alat-alat yang sudah tersedia di sistem operasi Android milik Alphabet.

"AI adalah salah satu area di mana Google telah maju pesat, tetapi kami juga memiliki teknologi yang dapat kami tawarkan kepada para pengembang," ujar Chris Patrick, Wakil Presiden Senior dan Manajer Umum Qualcomm untuk ponsel, kepada Reuters.

Beberapa produsen besar seperti Samsung Electronics, Asustek, dan Xiaomi telah mengonfirmasi bahwa mereka akan menggunakan chip terbaru Qualcomm ini dalam produk mereka.

Posting Komentar untuk "Qualcomm Bawa Teknologi Canggih dari Chip Laptop ke Ponsel untuk Dukung AI Generatif"